cover
Contact Name
Frinawaty Lestarina Barus
Contact Email
frinabarus@ymail.com
Phone
+6281376362755
Journal Mail Official
basastra@gmail.com
Editorial Address
Jalan Willeam Iskandar Pasar V Medan Estate
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
ISSN : 23015926     EISSN : 2579793X     DOI : https://doi.org/10.24114/bss.v9i2
Core Subject : Education,
Basastra MENU Focus and Scope Flag Counter web analytics View My Stats OPEN JOURNAL SYSTEMS Journal Help USER You are logged in as... basastra My Journals My Profile Log Out INFORMATION For Readers For Authors For Librarians HOME ABOUT USER HOME SEARCH CURRENT ARCHIVES FOCUS & SCOPE CONTACT EDITORIAL TEAM VISITORS STATISTICS REVIEWER PUBLICATION ETIC JOURNAL HISTORY AUTHOR GUIDELINES Home > About the Journal > Editorial Policies Editorial Policies Focus and Scope Section Policies Open Access Policy ETIKA PUBLIKASI Focus and Scope Jurnal Basastra adalah jurnal yang bergerak dibidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Unversitas Negeri Medan. Jurnal ini berisi tentang hasil penelitian dan konseptual dalam bidang pembelajaran, penilaian, linguistik, dan sastra dalam pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 4 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia" : 6 Documents clear
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN MEMBEDAKAN FAKTA DAN OPINI TAJUK RENCANA OLEH KELAS XI SMA NEGERI 21 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/ 2015 Cinta Pasaribu; M. Joharis Lubis
Basastra Vol 4, No 4 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v4i4.3766

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan membedakan fakta dan opini tajuk rencana siswa kelas XI SMA Negeri 21 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 21 Medan yang berjumlah 290 orang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IS-4 yang berjumlah 36 orang. Dalam menentukan jumlah sampel dilakukan dengan teknik random sampling atau acak kelas. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one group pre-test post-test design. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif pilihan berganda. Nilai rata-rata pre-test adalah 64,8 , sedangkan nilai rata-rata post-test adalah 77,2. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata post-test lebih tinggi daripada nilai pre-test. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 6,49 selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel pada taraf signifikansi 5% dengan df = n-1 = 36-1 = 36. Dari df = 35 diperoleh taraf signifikansi sebesar 2,03. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan, maka dapat diketahui bahwa t0 > ttabel , yakni 6,49 > 2,03. Dengan demikian, hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan data diatas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap kemampuan membedakan fakta dan opini tajuk rencana siswa kelas XI SMA Negeri 21 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015.   Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Fakta dan Opini, Tajuk Rencana
HUBUNGAN PENGUASAAN DIKSI DENGAN KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 15 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015 Azmayunira Muharramah Sabran; Wisman Hadi
Basastra Vol 4, No 4 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v4i4.3760

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan penguasaan diksi dengan kemampuan menulis naskah drama. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 15 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015 yang berjumlah 420 orang siswa terbagi atas 11 kelas. Sampel diambil secara acak kelas yaitu kelas XI-IPA 1 yang berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif pilihan berganda serta penugasan. Dari pengolahan data diperoleh hasil penguasaan diksi dengan rata-rata 75,47, standard deviasi = 8,74 dan termasuk 18,8% dari kategori sangat baik, 46,9% dari kategori baik, 21,8% dari kategori cukup, dan 12,5% dari kategori kurang. Hasil kemampuan menulis naskah drama dengan rata-rata = 71,87, standard deviasi 9,16 dengan 12,5% dari kategori sangat baik, 34,4% dari kategori baik, 40,6% dari kategori cukup, 9,4% dari kategori kurang, dan 3,1% dari kategori sangat kurang. Dari uji data hasil penguasaan diksi dan kemampuan menulis naskah drama didapat kedua hasil berdistribusi normal. Dan dalam uji linearitas data penelititan tersebut juga dinyatakan linear. Setelah melakukan uji persyaratan, yaitu uji normalitas dan uji linearitas maka dilakukan uji analisis data. Untuk mengetahui tingkat hubungan variabel X dan Y digunakan rumus korelasi Product Moment (rxy) dari Carl Pearson. Diperoleh harga rxy = 0,696 yang lebih besar dari harga r pada tabel product Moment pada taraf signifikansi 5% (0,349) dan taraf signifikansi 1% (0,449). Maka persyaratan rxy > rtabel = (0,696>0,349) sehingga hipotesis dapat diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara penguasaan diksi dengan kemampuan menulis naskah drama siswa kelas XI SMA Negeri 15 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015.   Kata kunci: penguasaan diksi, menulis naskah drama.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRITERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS OLEH SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 SIANTAR KABUPATEN SIMALUNGUN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015 Asher Liparawinto Pasaribu; Syahnan Daulay
Basastra Vol 4, No 4 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v4i4.3758

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan menulis teks prosedurkompleks pada siswa kelas X SMK N 1 SiantarKabupatenSimalungunTahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK N 1 Siantaryang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 181 orang. Dari jumlah tersebut ditetapkan sampel sebanyak 25 orang siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksprimen dengan modelone-group pre-test posttest design.Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes penugasan hasil karya (tertulis). Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks prosedurkompleksdengan menerapkan model pembelajaran inkuiri termasuk kategori baik dengan rata-rata 80,2, sedangkan kemampuan siswa dalam menulisteks prosedurkompleks sebelum menerapkan model pembelajaran inkuiritermasuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 73,2. Dengan demikian dapat disimpulkan  bahwa nilai rata-rata menulis teksprosedurkomplekssiswa setelah perlakuan lebih tinggi daripada nilai sebelum perlakuan. Pengujian hipotesis thitung = 3,30 kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% = 2,06. Karena thitung = 3,30> ttabel = 2,06, maka hipoteis nihil (H0) ditolak. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran inkuiri berpengaruh positifterhadapkemampuan menulis teksprosedurkompleksoleh siswa kelas X SMK N 1 SiantarKabupatenSimalungun.   Kata kunci: model pembelajaran inkuiri, menulis teks prosedurkompleks
PENGARUH MEDIA TELEVISI SI BOLANG TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 38 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015 Ardiani Ardiani; Abdurrahman Adisaputera
Basastra Vol 4, No 4 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v4i4.3759

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 38 Medan pada tahun pembelajaran 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media televisi Si Bolang terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 38 Medan tahun pembelajaran 2014/2015.    Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 38 Medan tahun pembelajaran 2014/2015 yang terdiri dari enam kelas dengan jumlah siswa sebanyak 216 siswa. Sampel penelitian diambil secara random sampling sebanyak satu kelas dengan jumlah 32  siswa. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan bentuk one group pre-test and post-test design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes essay dalam bentuk penugasan menulis teks deskripsi berdasarkan topik yang telah ditentukan. Dari hasil pengolahan data di lapangan diperoleh nilai rata-rata pre-test adalah 62,96 dan standar deviasi adalah 9,42. Sedangkan, nilai rata-rata post-test adalah 72,81 dan standar deviasi adalah 7,79. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata post-test lebih tinggi dari pre-test. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t’. Dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh  = 4,49 selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5% dengan dk= n-1 = 31. Pada tabel t dengan dk=31 diperoleh =2,04. Kriteria pengujian menyatakan bahwa (Ha) diterima jika  >  yaitu 4,49 > 2,04, maka dapat dinyatakan HO (hipotesis nihil) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media televisi Si Bolang berpengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan menulis  teks deskripsi pada siswa kelas VII SMP Negeri 38 Medan tahun pembelajaran 2014/2015.   Kata Kunci: Media Televisi Si Bolang, Teks Deskripsi
PENGARUH METODE PANCINGAN KATA KUNCI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI OLEH SISWA KELAS VIII SMP SWASTA MULIA PRATAMA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015 Charly Rawita Simamora; Rosmawaty Rosmawaty
Basastra Vol 4, No 4 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v4i4.3763

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran metode pancingan kata kunci terhadap kemampuan menulis puisi oleh siswa kelas VIII SMP Swasta Mulia Pratama Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Mulia Pratama Medan sebanyak 128 orang dan sampel diambil secara acak sebanyak 32 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one group pretest posttest design.Instrumen yang digunakan adalah tes menulis puisi.  Nilai rata-rata posttest adalah 84,37, sedangkan nilai pretest adalah 77,66.  Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata menulis puisi setelah perlakuan lebih tinggi daripada nilai sebelum perlakuan.Uji homogenitas berdasarkan tabel distribusi F pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk pembilang dan dk penyebut 32, diperoleh  Ftabel yaitu 6,57 dan  Fhitung 26,5.  Dapat disimpulkan bahwa Fhitung < Ftabel yakni 6,57<26,5.  Hal ini memenuhi syarat untuk dilakukan uji homogenitas.Pengujian hipotesis yaitu thitung > ttabel yakni 5,78>2,03.  Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima.Hal ini membuktikan bahwa metode pembelajaran pancingan kata kunci berpengaruh positif dalam menulis puisi.     Kata kunci: metode pancingan kata kunci, kemampuan menulis, puisi
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DISKUSI OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BERASTAGI TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015 Basa Elisa Febriani Sirait; Khairil Ansari
Basastra Vol 4, No 4 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v4i4.3764

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan menulis teks diskusi oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Berastagi tahun pembelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Berastagi yang berjumlah 300 orang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-7  yang berjumlah 30 orang. Dalam menentukan jumlah sampel dilakukan dengan teknik random sampling atau acak kelas. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one group pre-test post-test design. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis teks diskusi dalam bentuk penugasan. Nilai rata-rata pre-test adalah 61,83, sedangkan nilai rata-rata post-test adalah 78,33. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata post-test lebih tinggi daripada nilai pre-test. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 4,77 selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel pada taraf signifikansi 5% dengan df = n-1 = 30-1 = 29. Dari df = 29 diperoleh taraf signifikansi sebesar 2,04. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan, maka dapat diketahui bahwa thitung > ttabel , yakni 4,77 > 2,04. Dengan demikian, hipotesis alternatif (Ha) diterima. Maka, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks diskusi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Berastagi Tahun Pembelajaran 2014/2015. Kata kunci: model pembelajaran berbasis masalah, menulis teks diskusi

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2015 2015


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 2 (2023): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 12, No 1 (2023): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 11, No 3 (2022): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 11, No 2 (2022): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 11, No 1 (2022): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 10, No 3 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 10, No 2 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 10, No 1 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9, No 3 (2020): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9, No 2 (2020): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9, No 1 (2020): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8, No 3 (2019): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8, No 2 (2019): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8, No 1 (2019): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 4 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 3 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 2 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 1 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 4 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 3 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 2 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 1 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 4 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 3 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 2 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 1 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 4 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 3 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 2 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 1 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 4 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 3 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 2 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 1 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 4 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 3 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 2 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 1 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 3 (2012): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 2 (2012): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Basastra More Issue